Home Polsek Firdaus Kolaborasi Lintas Sektoral Tangani ODGJ di Sergai, Satu Pasien Berhasil Dievakuasi

Kolaborasi Lintas Sektoral Tangani ODGJ di Sergai, Satu Pasien Berhasil Dievakuasi

34
0
SHARE
Kolaborasi Lintas Sektoral Tangani ODGJ di Sergai, Satu Pasien Berhasil Dievakuasi

 Kepolisian Sektor (Polsek) Firdaus Polres Serdang Bedagai bersama Dinas Sosial (Dinsos) Serdang Bedagai (Sergai) dan Koramil-12/SR Sei Rampah bergerak cepat merespon maraknya keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Sei Rampah. Sabtu (24/8) petang, tim gabungan melakukan peninjauan langsung ke lokasi untuk memberikan penanganan yang optimal.

Kapolsek Firdaus, AKP Andi Sujendral, melalui Kanit Intel Ipda Sahban Hasibuan dan Ipda Brimen menegaskan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, dan Dinsos dalam menangani kasus ODGJ.

“Ini adalah implementasi kepedulian kita. Perlu adanya kesadaran bersama dari semua pihak untuk memberikan penanganan yang terbaik bagi mereka,” ujarnya.

Kepala Dinsos Sergai, Arianto, menambahkan bahwa pihaknya telah menerima banyak laporan terkait keberadaan ODGJ di wilayah tersebut.

“Kami segera turun ke lapangan bersama tim gabungan. Hasilnya, seorang pria dewasa ODGJ berhasil ditemukan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum),” cetusnya.

Arianto menjelaskan, jika pihaknya bersama tim langsung memberikan pertolongan pertama dan membawanya ke Rumah Sakit Sultan Sulaiman untuk mendapatkan perawatan medis, tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Rumah Sakit Sultan Sulaiman, dr. Aldi Saragih, melalui dr. Lidya Vera, membenarkan telah menerima pasien ODGJ tersebut.

“Pasien telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang sesuai,” jelasnya.

Kolaborasi lintas sektoral ini diharapkan dapat menjadi contoh dalam penanganan kasus ODGJ. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan penanganan dapat dilakukan secara komprehensif dan efektif.